edited by me :)

30.12.09

Setelah melewati masa 2 bulan dengan kebimbangan..(hasyah..) mpe lewat masa tenggang, akhirnya gw memberanikan diri bayar Pajak motor, yg seumur2 baru ini kulakukan sendiri.
Awalnya gw cuma liad liad sikon di SAMSAT daerah gw tinggal Banjarmasin, sempat bingung kaya orang bloon apa yg harus gw lakuin disana..
ada calo yg deketin gw dengan gaya cuek gw tanya tanya berapa biaya perpanjang pajak motor, plus denda nya 2 bulan..dia sibuk itung itung di depan gw, smua total Rp 247000
kagum gw denger duit segitu, secara tanggal tua gw pegang duid cm Rp 200000
gw pede aja ke SAMSAT dengan uang segitu karna anjuran orang orang juga diperkirakan smua habis 200000 itu dah tambah denda..paling paling denda 20000, soalnya lewat sehari atopun setahu denda nya sama aja
pas tu calo liat motor gw..wew "mesti ganti plat tuh mba, dah mati tuh platnya"
nah lo berapa biaya tuh tambah ganti plat?? itung itung lagi Rp 357000
wow..sumpah jadi pengen kabur gw dari SAMSAT takut kena tilang polisi yg sliweran di muka motor gw..hahhahaha

Keesokan harinya akhirnya gw dapet dana yg lumayan alhamdulilah dari my Boo, berangkaat!!!!
sampe SAMSAT Jl.A Yani Km5 Banjarmasin emang kita niat mo ngurus sendiri gag pake calo calo an..sekalian belajar..ternyata gampang aja kok, ga pake lama..
berbekal tanya tanya ama pak Polisi yg baik hati dan budiman pertama kami disarankan untuk mencari Surat Kuasa Merah dikarenakan motor itu mesti ganti plat, dan di BPKB tertulis nama pemilik motor terdahulu.
kami ditunjukkan tempat dimana kami bisa ndapetin tuh surat itu ada di Biro Jasa letaknya paling depan pas kita lewat pintu masuk.
Sampai disitu dikasi tau mending pake Balik nama dari pada Surat Kuasa Merah..katanya kalo balik nama cm Rp 50000 dan kalo surat kuasa merah dikenakan 35000..ok lah nurut mana yg baik aja
aku putusin untuk Bea Balik Nama. beli kuitansi dengan materai Rp 6000 trus tulis deh kita beli tuh motor ceritanya.
trus ke Loket kecil tar disitu dikasih formulir..dikenakan biaya Rp 25000 jangan kaget Formulir untuk balik nama lebih banyak, njlimet..trus di isi sesuai tertera di STNK, dan nama pemilik baru nya. awalnya gw bingung ni formulir apa aja yg gw mesti isi?? di depan pintu ada petugas Jasa Raharja, tanya aja ama beliau, dengan ramah beliau kasih infonya deh. dengan banyaknya formulir itu ternyata yg diisi cm sdikit..hmmffff
trus motor gw di gesek ama petugas, my Boo kasian bantuin bersihin kotoran di mesin rangkanya mpe nungging nungging..hihihihihi (piss beb)..bentar banget,
trus smua formulir tadi diserahkan ke petugas yg gesek gesek rangka tadi, kita bayar untuk Jasa raharja Rp 15000.
ok masuk ke loket kecil tadi dikasi satu formulir kecil lagi bayar Rp 7000
smua tetek bengek tadi cuma ngabisin waktu setengah jam..gag seperti yg gw duga..

kita ke Gedung utama yg kata orang banyak loketnya..
pertama masuk situ kesan pertama waaaa adem..(ya iya lah pake AC)
clingak clinguk berdua ama ayank, mesti kemana dolo, sukurnya ada yg nunjukin kita mesti ke loket sebelah mana, abis di cek ama petugas disitu, kita diminta ke loket sebelahnya, (tenang aja pak Polisi ramah pasti ngasih tau kok mesti kemana)
trus kita disuruh nunggu deh di depan loket Bank BPD..selama menunggu kita asik gosip gosipan berdua, yg ngliatin para calo dengan formulir seabreg lah, yg nguap bareng bareng lah..hahahahah. kurang lebih 20 menit, kita dipanggil deh..
ayank sempet berlagak bego, soalnya petugas manggilnya nama pemilik motor terdahulu..whahahhahahah..
bayar pajak Rp 147500, denda Rp 60000, dan bea balik nama Rp 75000
smua total Rp 282.500
trus kita dikasih slip bahwa kita udah membayar tuh pajak..disuruh nunggu di loket sebelahnya, cuma 15 menit kita dipanggil. dan sekarang petugasnya manggil dengan nama pemilik baru, ya itu nama gw..hahahahha..ayank ga berlagak bego lagi, malah paling duluan maju..
berhubung gw ganti plat, gw nambah Rp 15000
trus dikasih slip pajak yg udah kita bayar, dan besok kembali lagi untuk ngambil plat dan STNK asli nya
smua tuh butuh waktu kira kira 45 menit

simple + gampang ternyata, gw pikir sesulit apa??
di SAMSAT gw abisin waktu cm 1 jam setengah untuk ngurus smua.
duitnya juga ga sebanyak yg calo tawarin..di total smua habis Rp 351.500
coba kalo ngurus ama calo habis berapa tuh..450 an mungkin
waktu gw juga singkat cm 1 jam 30 menit..daripada yg calo tawarin, bisa seharian baru kelar..

lega rasa nya tugas gw sebagai warga negara baik telah bayar pajak,walopun telat..hahay

0 Comments:

Post a Comment